Rabu, 07 April 2010

tinjauan tentang ilmu budaya dasar

ilmu budaya dasar ialah sebuah pelajaran yang membicarakantentang nilai-nilai, tentang kebudayaan,tentang berbagai macam masalah yang dihadapi manusia dalam kehidupan sehari-harinya, hal itu dikarenakan karna kurangnya sistem dalam pendidikan dinegri kita ini, baik tingkat menengah bahkan perguruan tinggi sekalipun.

dan pada intinya adalah bahwa setelah kita mempelajari ilmu budaya dasar diharapkan bahwa para mahasiswa dapat memperlihatkan :
1. minat dan kebiasaan untuk menyelidiki apa yang terjadi di sekitar lingkungan maupun luarnya, menelaah apa yang dikerjakannya dan mengapa dia melakukannya
2. kesadaran akan pola - pola nilai yang dianutnya, sertabagaimana hubungan  nilai - nilai inidengan cara hidupnya sehari - hari
3. kerelaan memikirkan kembali dengan hati terbuka
4. keberanian moral untuk mempertahankan nilai - nilai yang dirasanya sudah dapat diterimanya dengan penuh tanggung jawab dan  sebaliknya menolak nilai - nilai yang tidak dibenarkan.

dan secara sederhana ilmu budaya dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasardan pengertian umum tentang konsep - konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah - masalah manusia dan kebudayaan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar